Minggu, 11 September 2011

Belajar dari film Fast & Furious 5

Oleh M. Septian Maulana - 09.41010.0170

dari kacamata saya.. film ini mengisahkan tentang organisasi tim yang tujuannya adalah untuk mencapai tujuan dengan perencanaan yang baik dan matang serta tentang kejahatan oleh para penegak hukum yang mudah sekali disuap. 

Para jagoan - jagoan di film itu bersatu padu melawan seorang big boss mafia bernama Reyes, yang duitnya berkarung-karung. Jagoan - jagoan di film ini terlihat kompak, merencanakan aksi berdasarkan perhitungan yang matang.

Mereka sudah menyiapkan plan A, plan B, plan C. Pada akhirnya kerjasama tim yang pantang menyerah adalah kuncinya. Walau sempat ada kegoyahan di tengah jalan untuk mencapai tujuan karena ada proses/kejadian yang tidak diduga-duga, tapi karena ada kepemimpinan tim yang kuat oleh seorang yang bernama Dom, maka tujuan awal yang telah ditetapkan terus diperjuangkan dengan cara-cara yang menyesuaikan keadaan. Tujuan awalnya adalah untuk ‘menyita’ atau melenyapkan uang haram sang bos mafia Reyes.

berkat kegigihan organisasi tim yang dipimpin oleh seorang yang berjiwa besar dan kuat (hatinya) bernama Dom.

adapun yang dapat diambil dalam Langkah-langkah melakukan perencanaan yang terkait dalam film yaitu :

1.       Menentukan siapa saja SDM yang masuk tim sehingga dapat memberikan  peran dalam mendukung tujuan (bentuk tim sesuai spesialisasi yang dibutuhkan).

2.       Mengoptimalkan setiap SDM untuk dapat saling memberikan masukan strategi.
3.       Setelah terdapat beberapa strategi maka langkah selanjutnya adalah memilih strategi mana yang tingkat keberhasilannya lebih tinggi.

4.       Selain merencanakan strategi, maka kita perlu evaluasi guna menemukan celah dimana tim akan mengalami kegagalan sehingga perlu dilakukan diskusi/bertukar pikiran lagi guna menangani masalah tersebut.

5.       Mensinergikan setiap masukan dengan objek/tujuan yang telah dipelajari.

6.       Mempelajari strategi yang telah ditentukan guna memperlancar saat beraksi.

7.       Eksekusi strategi.

8.       Jika plan a gagal maka rencana cadangan akan dieksekusi.


Leave a Reply