#Post Title #Post Title #Post Title
Senin, 26 September 2011

Resume Testing & Implementasi Sistem Pert3



test case merupakan suatu tes yang dilakukan berdasarkan pada suatu inisialisasi, masukan, kondisi ataupun hasil yang telah ditentukan sebelumnya. Dan perlu diingat kembali, ketidak samaan antara input dan output yang dihasilkan adalah sebuah kesalahan atau error.


Testing tidak dapat membuktikan kebenaran semua kemungkinan eksekusi dari suatu program. Fokus terhadap funsionalitasnya. Selain itu memperhatikan banyaknya masukan karena tak terbatasnya jumlah masukan yang akan dilakukan. Namun semua itu dapat didekati dengan melakukan perencanaan yang baik, mencoba setiap aktifitas menjadi efektifitas yang baik.






Pendekatan test untuk rekayasa produk
  • Proyek ; Memiliki anggaran, waktu yang terbatas dalam mengerjakan sebuah kegiatan. Jadi lebih ditekankan bahwa setiap proyek memiliki batasan dari segi umum yang biasa ada. Dan ini memang harus ditaati.

Setelah produk itu selesai (software) dapat di periksa atau di tes menggunakan 2 cara yaitu ;

  • Berdasarkan fungsi yang dispesifikasikan dari produk. Tes dapat dilakukan dengan mendemonstrasikan tiap fungsi yang telah beroperasi secara penuh sesuai dengan yang diharapkan.
  • Dengan mengetahui operasi internalnya dari produk, testing dapak dilakukan untuk memastikan semua komponen sebagaimana mestinya.

White Box Testing
Biasanya glass box testing atau cleasr bos testing adalah suatu metode disain test case yang menggunakan struktur kendali dari disain prosedural.
  • Pengukuran yang mencakup tes, yang mengukur presentase jalur - jalur dari tipe yang dipilih untuk dieksekusi oleh tes case
  • Disesuaikan dengan struktur sistem, dan disesuaikan fungsi dengan statment yang ada.

Mengapa Harus White Box
  • Kesalahan logika dan asumsi yang tidak benar
  • Kesalahan asumsi permasalahan alur program
  • Kesalahan penulisan dan membingungkan

Rule While Box Testing


Cakupan Pernyataan
  • Fokus terhadap alur logika dari test case
  • fokus terhadap jalur dan percabangannya

Unsur - Unsur Pembentuk Flow Graph
  • Nodes (Titik)
  • Edges (Anak Panah)
  • Branch Nodes (Titik Cabang) 
    • Memiliki lebih dari satu cabang
  • Patch (Jalur)
    • Bergerak dari satu ke tempat lain

Disain Cakupan Testing
  • Menganalisa Source Code
  • Mengidentifikasi Jalur Test
  • Mengevaluasi Kondisi Test
  • Memberikan Nilai Masukan dan Keluarannya

Contoh Flowchat


Contoh Flowgraph


Basic Path Testing (Fokus terhadap jalur atau alur)
  • Zero Path ; jalur penghubung yang tidak penting
  • One Path ; jalur penghubung yang penting

Cyclomatic Compleksitas
Pengukuran software yang membantu pengukuran kuantitatif dari kompleksitas logika program.

berdasarkan flowchart dan flowgraph maka dapat dicaripredicate node ,seperti gambar di bawah ini


Graph Metrik
Graph metrik merupakan software yang dikembangkan untuk membantu uji coba basis path atau struktur data. Graph metrik adalah matrik empat persegi yang mempunyai ukuran yang sama dengan jumlah node pada flowgraph. Masing-masing baris dan kolom mempunyai hubungan dengan node yang telah ditentukan dan pemasukan data matrik berhubungan dengan hubungan (edge) antar node.


graph metriknya adalah


[ Read More ]

Resume Testing & Implementasi Sistem Pert2


Tujuan dari dilakukannya testing adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan Kepercayaan bahwa system dapat digunakan dengantingkat resiko yang dapat diterima.
  2. Menyediakan informasi yang dapat mencegah terulangnya error.
  3. Menyediajan informasi yang dapat membantu unguk deteksi error secara dini.
  4. Mencari error dan kelemahan system.
  5. Mencari kemampuan system.
  6. Menyediakan informasi kualitas system.









Misi dari tim testing adalah sebagai berikut:

  1. Meminimalkan resiko kegagalan proyek.
  2.  Tidak melakukan pembenahan kode.
  3. Memberikan hasil tes.

Sebagai seorang tester, harus paham hal-hal berikut:
  1.  Kualitas software/Software quality.
  2. Komunikasi yang baik.
  3. Sistem secara keseluruhan.
  4. Pengetahuan bisnis.
  5. Metode.
  6. Kreatif,dan
  7. Berpengalaman.

Psikologi Testing: Pengembangan dilakukan secara konstruktif, namun testing dilakukan secara destruktif(guna mencari kelemahan/kecacatan system).


Prinsip Testing:
  1. Testing yang komplit itu tidak mungkin.
  2. Testing merupakan kerjaan yang kreatif dan sulit.
  3. Testing untuk mencegah error.
  4. Berbasis pada resiko.
  5. Harus direncanakan.
  6. Membutuhkan independensi.

Agar pelaksanaan testing menjadi efektif harus:
  1. Perhatikan sumber daya.
  2. Perhatikan biaya keterlambatan produk.
  3. Perhatikan biaya yang disebabkan kecacatan system.
  4. Lakukan perencanaan guna menjaga arah pelaksanaan testing tidak menyimpang dari tujuan dantak lupa membuat test case.
  5. Testing butuh kebebasan, oleh karenanya jika kita ingin mendapatkan hasil yang tidak bias, maka carilah tester yang tidak bias juga(tester yang baik adalah tester dari pihak ketiga).



    [ Read More ]
    Sabtu, 24 September 2011

    Merenung dlu ahh

    ketika aku bangun subuh tuk sholat shubuh, iseng2  kaskusan... Namun lagi-lagi seperti biasa, aku tertarik untuk menjenguk Facebook walau sebentar. Begitu niatnya. Sebentar.

    “Lima menit barangkali”.

    Tetapi, Masya Allah, ternyata apa yang kudapati di profilku mengejutkanku. Belasan ucapan milad sudah terjajar rapi ke bawah! Subhanallah… ternyata aku ulang tahun! Innalillah… Aku terharu… dengan keikhlasan teman-teman yang telah mendoakanku. Allah, muliakan hidup mereka. Dunia akhirat…
    *bukan nya lebay.he
    Tanpa terasa, dua jam berlalu, aku masih berkutat dengan FB. Dari jam 05:25, hingga jam 08:00. Hikz… Fb oh FB…

    Satu jam kupakai untuk kaskusan sambil melanjutkan tujuan utama buka laptop. Ngetik. Jam sembilan pagi,nyuci motor ,..biar kinclong.. Ada banyak tugas yang harus kukerjakan, tetapi seperti biasa…nanti saja dikerjakan..he
     Jam 10 an. Berangkatlah aku dengan motor untuk mengikuti seminar di hitech Mall,yang dimana seminar tentang LMS(Learning Management System) menggunakan Chamilo. Tiga jam pun terasa sebentar untuk mendengarkan pemateri ..
    Setelah itu pun pulang dengan membawa oleh2 ilmu dari seminar.>>>nanti  aku ceritakan ulasan seminarnya…santai aje..he

    sesampainya di kostan, kembali kuintip profil FB. Alahai… sudah banyak lagi ucapan milad. Namun belum ada juga dari dia yang kutunggu. Kemanakah kiranya? Apakah dia lupa? Atau sebuah sengaja? Ah… wew…whehheeee..
    Mulai berpikir…..
    Aku tahu…
    Aku tidak bisa menyalahkanmu, karena bisa jadi engkau telah tahu sejarahku… tetapi inilah hariku. Setidaknya orang tahu begitu. Dan aku mengharapkanmu. Tapi… ya sudahlah, ini juga nasibku.
    Bisa jadi ini sebuah ujian, untuk mengetes kesabaran dan kesetiaanku. Seperti yang telah kubaca dalam buku, ujian bagi para pejuang, bukanlah berupa selembar kertas, tetapi setiap detak nafas…

    Ah...Apapun, dan di manapun engkau kini. Hanya satu yang ingin kusampaikan kepadamu. Uhibbukumfillah. Selalu, selamanya…
    hee..

    Kembali aku merenung, apa saja yang sudah kulakukan di tahun lalu dan apa yang akan kulakukan di tahun depan.??
    *mencoba dewasa bro..
    20 tahun.Usia yang masih muda bagi sebagian orang, bahkan usia yang masih dianggap “seumur jagung”.
    Tapi ada perbedaan yang kurasakan dalam  setahun terakhir ini.
    Tapi ada perbedaan yang dirasakan juga oleh orang-orang disekelilingku.
    Ada yang berubah...
    Aku berubah.
    Jadi power ranger……ayeeeeeeeeeeeeeeeeee..heee

    sepertinya saat ini….Aku berada di level terendah dalam hidupku.
    Mulai dari ada yg mata kuliah yang gak lulus dan harus ngulang…sampe perasaan bosan pun menghampiri…

    tetapi
    Aku mengingat pesan sebuah filsafat :
    “BERSYUKURLAH JIKA ENGKAU SUDAH DI LEVEL TERENDAH DALAM HIDUPMU, KARENA TIDAK ADA PILIHAN LAIN SELAIN UNTUK NAIK ”

    Aku bersyukur karena pada suatu titik, aku memilih untuk berserah.
    Kusadari sepenuhnya... segala kehebatanku, kepandaian & kekuatanku, sudah tidak lagi berguna.

    Pada suatu titik, aku memilih untuk berserah.
    Aku bersyukur, disaat ku tak mampu lagi...aku memilih kembali kepada Sang Maha Pemampu.

    Kusadari kini,
    Aku sebenarnya berada dalam sekolah yang disebut kehidupan.
    Ada kalanya ujian itu datang, tidak lain untuk meluluskan aku naik ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

    Tak peduli usiaku,
    Tingkatan yang lebih tinggi hanya bisa diraih dengan lulusnya aku saat ujian/badai datang.
    Jika anda belum lulus, setua apapun aku, aku masih belum naik tingkat.

    Pilihanku,
    Apakah aku akan lari dari setiap badai yang menerpaku,
    ataukah aku akan mencoba melewati badai dengan mengandalkan kekuatanku sendiri,
    atau aku akan melewati setiap badai dengan di beri kemudahan bersama Tuhanku?

    Aku, dalam manusia baruku, menyadari..
    Hari ini 24 September waktu Indonesia, aku genap berusia 20 tahun. Seperti setahun sebelumnya, tidak ada perayaan khusus karena akupun terkadang mengganggap biasa saja. Namun pada ultah ini aku merasa ada satu perasaan yang berbeda. Tidak tahu sebabnya apa, yang jelas saya merasa usia yang benar-benar ’serius’. Usia dimana aku merasa tidak bisa ‘main-main' lagi.>>>kepala 2 cuy.
    Sesungguhnya hitungan nafas telah ditetapkan, hitungan detik telah diperhitungkan.
    Sebodoh bodohnya manusia adalah yang diberi modal tapi tidak digunakannya,
    Sebodoh bodohnya manusia adalah yang diberi nafas tapi disia siakannya,
    Sebodoh bodohnya manusia adalah yang diberi waktu tapi disia siakannya.

    Demi Allah, sesungguhnya semakin dekat ujung kehidupanku, Hisab semakin nyata, dan sesungguhnya Hisab Allah amatlah berat, Smoga tak kusia siakan nafasku, tak kusia siakan waktuku, Sesungguhnya Hanya Engkaulah tujuanku. Perjalanan hidupku, menempuh alam dunia menghabiskan waktu, yang tiada lama. Usia bertambah makin senja, tiada terasa tak tersadar. Semakin dekatlah ajalku.

    Ya Allah,… Berilah aku kekuatan …


    Oh..Selamat ulang tahun untuk diriku sendiri dan juga buat orang-orang yang berulang tahun di hari yang sama! Heee…

    Dan kado yang terindah adalah kedatangan “My Dad” ke Surabaya yang jauh-jauh dari Banjarmasin.
    meski tujuan utamanya bukan bertemu aku…hehe
    [ Read More ]
    Kamis, 22 September 2011

    When you come back to me again


    Tak sengaja...
    Di malam Jum'at..seorang teman menchat di FB...dia menyarankan tuk mendengarkan lagunya 

    Garth Brooks - When you come back to me again




    tiba2 saya mengingat...

    Sebuah lagu yang diambil dari soundtrack film "Frequency" (2000)>>klo gak salah, cerita khayalan yang cukup "menyentuh" hati, tentunya kalau seseorang "understands english" dengan baik (subtitle film kadang salah).heeeee... crita nya apa yaaa???
    Kalau diceritain ntar jadi nggak seru, mendingan lihat sendiri aja yaaa.heeeeeee

    Buat seorang ayah yang jauh dari anak laki-laki nya, cerita ini membangkitkan semangat maupun inspirasi buat sang ayah untuk tegar menghadapi rintangan, cobaan, yang dihadapi, demi sebuah impian indah di masa depan. "Impian Indah" itu digambarkan dengan "sangat manis" dalam film ini,.. untuk itu, Nonton yah,.. supaya bisa tahu bagaimana impian indah yang diinginkan setiap keluarga,.. Mau tau ???

    ...Yaitu bisa melihat anak2 kita tumbuh dewasa di saat hari-hari tua kita, menikmati kebahagian bersama mereka,.. menikmati kedekatan hati yang kita alami sepanjang hidup mereka,...

    makanya buatlah Bangga AYAH dan IBU kita..
    :))

    dan kita pun akan merasakannya

    GARTH BROOKS
    "When You Come Back To Me Again"

    There's a ship out-On the ocean-At the mercy of the sea-It's been tossed about-Lost and broken-Wondering aimlessly-And God somehow-You know that ship is me-'Cause there's a lighthouse-In the harbour-Shining faithfully-Pouring its light out-Across the water-For this sinking soul to see
    That someone out there-Still believes in me
    On a prayer, in a song-I hear your voice and-It keeps me hanging on-Raining down-Against the wind-I'm reaching out till-We reach the circle's end
    When you come-Back to me again

    There's a moment-We all come to-In our own time and-Our own space-Where all that we've done-We can undo-If our heart's-In the right place

    On a prayer, in a song-I hear your voice and
    It keeps me hanging on-Raining down-
    Against the wind-I'm reaching out till-
    We reach the circle's end-When you come
    Back to me again-And again I see-My yesterday's in front of me-Unfolding like a mystery-You're changing all that is-And used to be

    On a prayer, in a song-I hear your voice and-It keeps me hanging on-Raining down-Against the wind-I'm reaching out till-We reach the circle's end
    When you come-Back to me again

    When you come-Back to me again

    [ Read More ]
    Selasa, 20 September 2011

    Business Use Case Model

    • Business use-case model, dengan elemen-elemen: Business Actor dan Business Use-case, serta Activity Diagram untuk menjelaskan model business use-case. Berikut gambaran Business Use-case Diagram :


    • Business objek model, dengan elemen-elemen: Business Worker (Pekerja Bisnis), Business Entity (Entitas Bisnis)
    Business Object Model: Menggambarkan realisasi business use-case. Mengenali semua orang yang bekerja dan benda yang terlibat dalam bisnis dan bagaimana satu sama lain berhubungan 

    Business Use-case Model: Merupakan model yang menggambarkan proses bisnis dari sebuah bisnis atau organisasi dan interaksi proses tersebut dengan pihak luar, seperti para customer dan partner. Diperlukan untuk memperjelas konteks bisnis dari perangkat lunak yang akan dibuat, bersifat optional. Diilustrasikan dalam satu atau beberapa business use-case diagram
    [ Read More ]

    Supply Chain Management

     Definisi :      Merupakan hubungan keterkaitan antara aliran material/jasa, aliran uang (return/ recycle) dan aliran informasi mulai dari pemasok, produsen, distributor, gudang, pengecer sampai ke pelanggan akhir (upstream ↔ downstream).
     Dengan kata lain, supply chain merupakan suatu jaringan perusahaan yang secara bersama-sama bekerjasama untuk menciptakan dan mengantarkan produk sampai ke tangan konsumen akhir.
    Sebuah contoh jaringan supply chain pada industri mainan dapat dilihat pada gambar 1.
    Gbr 1. Contoh Rangkaian Rantai Pasok
    Aliran rantai pasokan (supply chain) industri mainan di atas dapat dikatakan cukup komplesks, dimana ada beberapa pemasok yang terkait dan masing-masing melalui intermedite proses (pemasok bukan sebagai bahan baku dasar), produsen, gudang, pengecer dan konsumen akhir. Sesuai dengan prinsip dasar jaringan rantai pasokan (supply chain), terdapat 3 aliran peranan yang dijelaskan dengan gambar garis. Aliran tersebut adalah aliran produk, aliran returns dan aliran informasi.
    Setiap perusahaan memiliki karakteristik dan kompleksitas rangkaian rantai pasokan yang bermacam-macam.

    Klasifikasi Rantai Pasokan (Supply Chain)
     Terdapat 3 ranah klasifikasi dalam suatu rangkaian rantai pasokan, yaitu rantai suplai (supply chain), rantai nilai (value chain) dan rantai konsumen akhir (demand chain). Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar 2.
    Gbr. 2 Klasifiaksi Rantai Pasok

    Pembahasan detail untuk value chain dan demand chain dapat dilihat pada tulisan selanjutnya… 

    Tahap Keputusan Rantai Suplai
                Dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan rantai suplai (supply chain) ada beberapa tahapan yang dipertimbangkan, yaitu strategi atau desain dalam supply chain, perencanaan supply chain dan operasional supply chain.
    1.  Strategi atau desain dalam rantai suplai (supply chain)
         Definisi        :    Kumpulan kegiatan dan aksi strategis di sepanjang supply chain yang menciptakan rekonsiliasi antara apa yang dibutuhkan pelanggan akhir dengan kemampuan sumber daya yang ada pada supply chain tersebut.
    Secara sederhana dapat diartikan bahwa strategi atau desain dalam rantai suplai digunakan untuk menentukan struktur rantai suplai dan proses yang akan dilakukan pada setiap stage/ tahapan dalam rantai suplai.
    Tujuan strategis dari rantai pasok bersifat jangka panjang dan digunakan untuk bertahan dalam persaingan pasar. Konteks ukuran yang digunakan dalam memenangkan pasar berkaitan dengan pemenuhan produk atau barang dengan harga murah, berkualitas, mudah didapat dan bervariasi.
    Untuk memenuhi kebutuhan pasar sesuai konteks yang diinginkan oleh konsumen tersebut maka setiap rantai pasok harus memiliki kemampuan dalam pengoperasian yang efisien, menciptakan kualitas, cepat, fleksibel dan inovatif. Sehingga keputusan strategis tekait hal tersebut diantaranya adalah penentuan kapasitas fasilitas, penentuan sistem informasi, penentuan produk yang akan dibuat dan disimpan, penentuan lokasi dan model transportasi dan lain-lain.

    Karakteristik Produk dan Pasar
    Menurut Marshal Fisher, terdapat 2 karakteristik produk, yaitu :
    1.  Produk Fungsional
    Produk dengan konfigurasi standar, siklus hidup panjang, memiliki sedikit variasi, kebutuhan pelanggan dari waktu ke waktu relatif tidak berubah. Contoh : kertas HVS A4 80 gr, CD, paku payung, pensil
    2.  Produk Inovatif
    Setiap kelompok produk inovatif mempunyai variasi sampai ratusan atau ribuan, bertahan sebentar di pasar dan akan digantikan oleh variasi baru yang dikembangkan. Contoh: camera digital, handphone, printer
     Setiap karakteristik produk memiliki strategi atau desai rantai pasok yang berbeda. Untuk produk fungsional,difokuskan untuk meminimumkan ongkos-ongkos fisik disepanjang rantai supply (menciptakan efisiensi). Sedangkan untuk produk inovatif, difokuskan pada peningkatan kemampuan untuk lebih responsif terhadap kebutuhan pasar/ konsumen. Sehingga munculah 2 strategi utama yaitu strategi efisiensi dan strategi rersponsif. Kesesuaian antara karakteristik produk dan bentuk strategi yang digunakan dalam rantai pasok dinamakan Strategy Fit. Konsep strategi fit dapat dilihat pada gambar 3.

    Gbr. 3 Konsep Strategi Fix Rantai Pasok
    2.  Perencanaan dalam rantai pasok (supply chain)
    Keputusan perencanaan dalam rantai pasok (supply chain) berkaitan dengan pengambilan keputusan menentukan lokasi pasar dan gudang pensuplai, perencanaan penambahan persediaan (inventory)/ kebijakan persediaan,  promosi dan lain-lain.
    Penentuan perencanaan dalam rantai pasok harus mempertimbangkan pula adanya ketidakpastian permintaan, nilai tukar, horizon perencanaan dan lain-lain
    3.  Operasional dalam rantai pasok (supply chain)
    Tinjauan Proses dalam Rantai Pasok dapat dilihat dari 2 hal, yaitu cycle view dan push/pull view.
         a.  Cycle View
    Merupakan serangkaian siklus yang terjadi antar stage atau tahapan dalam rantai pasok. Dapat dilihat pada gambar 4.
    Gbr. 4 Cycle View 2. Push/pull ViewMerespon order konsumen (pull) atau mengantisipasi order (push). Dapat dilihat pada gambar 5.Gbr. 5 Push/ Pull View
    [ Read More ]

    Pemodelan Bisnis

    Pemodelan bisnis adalah studi organisasi. Selama proses pemodelan bisnis, Anda memeriksa struktur organisasi dan melihat peran dalam perusahaan dan bagaimana mereka saling berhubungan. Anda juga memeriksa workflow organisasi, proses utama dalam perusahaan, bagaimana mereka bekerja, seberapa efektif mereka, dan apakah ada hambatan. Anda akan memeriksa entitas luar, baik individu atau perusahaan lain, yang berinteraksi dengan bisnis, dan melihat implikasi interaksi tersebut. 

    Singkatnya, Anda mencoba untuk memahami apa yang di dalam dan di luar bisnis, dan bagaimana berbicara dalam dan di luar satu sama lain. Dalam UML, Anda akan dokumen ini informasi dalam model bisnis. 

    Mengapa Model Bisnis? 

    Ada banyak alasan untuk melakukan pemodelan bisnis. Alasan-alasan ini termasuk memperoleh pemahaman tentang organisasi Anda dan sistem perangkat lunak, membantu dalam upaya proses bisnis-re-engineering, dan membangun sebuah alat pelatihan yang kuat, sebagaimana dijelaskan dalam bagian berikut. 

    Memahami Visi Organisasi 

    Bahkan jika Anda tidak membangun sebuah sistem perangkat lunak, Anda dapat menggunakan model bisnis untuk memahami dan mendokumentasikan apa organisasi Anda tidak. Ini adalah cara yang mengagumkan untuk mengembangkan sebuah pernyataan visi untuk organisasi Anda, diagram dalam pemodelan bisnis akan membantu Anda memahami apa keuntungan dunia luar dari hubungannya dengan organisasi Anda, serta bagaimana organisasi anda pergi tentang mencapai tujuan ini. Pemodelan bisnis tidak hanya berlaku untuk tingkat organisasi. Sebuah divisi khusus dalam sebuah organisasi mungkin ingin pergi melalui proses bisnis-pemodelan untuk mengembangkan divisi sendiri piagam atau pernyataan misi. 

    Business Process Re-engineering 

    Pemodelan bisnis juga sangat membantu dalam upaya-proses bisnis rekayasa ulang. Salah satu artefak utama proses bisnis-pemodelan adalah diagram alur kerja. Diagram ini menggambarkan bagaimana suatu proses tertentu mengalir di dalam organisasi. Ini menunjukkan individu yang terlibat dalam proses, langkah-langkah dalam proses, dan entitas bisnis yang terlibat dalam proses. Sebuah proses bisnis rekayasa ulang-tim akan mulai dengan mendokumentasikan proses saat ini dengan diagram alur kerja. Mereka kemudian dapat menganalisa diagram untuk mencari inefisiensi atau masalah lain dalam alur kerja. Misalnya, mereka mungkin menemukan bahwa dokumen tertentu pergi dari analis, untuk manajer untuk mendapatkan persetujuan, kembali ke analis untuk informasi tambahan, dan kemudian kembali ke manajer. Proses ini mungkin dapat ditingkatkan dengan memiliki analis mengisi semua informasi yang dibutuhkan sampai depan. Ini hanyalah satu contoh bagaimana diagram alur kerja dapat dianalisis. 

    Tim Bisnis proses rekayasa ulang juga akan menggunakan diagram alur kerja untuk menganalisis alur kerja di masa depan. Dengan merancang sejumlah proses potensial, tim akan lebih mampu melihat dan mendiskusikan pro dan kontra dari pendekatan masing-masing dan untuk memilih proses baru yang paling tepat untuk organisasi. 

    Pelatihan 

    Apakah proses baru baru saja dikembangkan atau anggota staf baru baru saja bergabung dengan tim, hasil pemodelan bisnis dapat menjadi alat pelatihan yang profesional. Diagram alur kerja menggambarkan yang terlibat dalam proses, apa langkah yang, dan apa yang artefak. Setiap anggota tim dapat meninjau diagram ini untuk memahami bagaimana mereka masuk ke dalam proses, apa artefak mereka bertanggung jawab untuk memproduksi atau menerima, dan dengan siapa mereka butuhkan untuk berkomunikasi. Diagram sederhana ini dapat menyimpan banyak sakit kepala organisasi dengan jelas menyatakan apa tanggung jawab setiap orang berada dalam sebuah alur kerja. Mereka membantu memastikan bahwa setiap orang memiliki pemahaman umum proses bisnis dan peran di dalamnya. 

    Konteks untuk Solusi Software 

    Tentu saja, banyak dari kita yang menggunakan UML yang menggunakannya untuk membangun perangkat lunak. Dalam situasi ini, pemodelan bisnis dapat membantu kita memahami konteks sistem yang kita sedang membangun. Meskipun hal ini mungkin terdengar sepele, dapat memiliki konsekuensi serius pada keberhasilan atau kegagalan proyek perangkat lunak. Jika kita gagal memahami usaha, kami dapat membuat asumsi yang salah tentang software apa yang harus dilakukan dan bagaimana terbaik dapat digunakan oleh masyarakat bisnis. 

    "Dunia di sekitar sistem" adalah suatu pertimbangan penting ketika perangkat lunak bangunan. Selama beberapa tahun terakhir, sebagai perusahaan yang menggunakan UML tanpa pemodelan bisnis, salah satu kekhawatiran yang muncul adalah ketidakmampuan untuk memahami bagaimana sesuai dengan sistem ke dalam organisasi di sekitarnya. Masukkan pemodelan bisnis. Ini memecahkan lubang di proses dengan memberikan tim pandangan bisnis itu sendiri, alur kerja di dalamnya, dan cara sistem baru ini akan membantu bagian dari alur kerja otomatis. Apakah saya Perlu 

    Apa itu Pemodelan Bisnis? 

    Tanpa bantuan dari beberapa psikolog berbakat, kami tidak bisa memberikan jawaban pasti untuk pertanyaan itu. Namun, kami dapat memberikan beberapa panduan: 

    Anda mungkin perlu melakukan pemodelan bisnis jika:
    1. Anda dan workgroup Anda hal yang baru bagi organisasi
    2. Organisasi telah baru mengalami business process re−engineering.
    3. Organisasi berencana untuk menuju business process re−engineering.
    4. Anda sedang membangun perangkat lunak yang akan digunakan oleh sebagian besar organisasi.
    5. Ada alur kerja besar dan kompleks dalam organisasi yang tidak terdokumentasi dengan baik.
    6. Anda seorang konsultan dalam organisasi yang sebelumnya anda tidak bekerja didalamnya.
    Anda mungkin tidak perlu melakukan pemodelan bisnis jika:
    1. Anda memiliki pemahaman yang menyeluruh tentang struktur organisasi, tujuan, visi bisnis, dan pemangku kepentingan.
    2. Anda sedang membangun perangkat lunak yang akan digunakan oleh hanya sebagian kecil dari organisasi, dan tidak akan berpengaruh pada sisa bisnis.
    3. Workflow dalam organisasi cukup mudah dan didokumentasikan dengan baik.
    4. Waktu yang tidak mudah. Mari kita bersikap realistis, tidak semua proyek memiliki waktu yang dibutuhkan untuk melakukan analisis bisnis yang lengkap. Tapi hati-hati! Jangan biarkan keterbatasan waktu menjadi alasan. Berjuang untuk waktu jika Anda merasa bahwa pemodelan bisnis akan membantu memastikan keberhasilan proyek Anda.


    Pustaka:

    Boggs, Wendy & Michael Boggs.2002. Mastering UML with Rational Rose 2002. SYBEX Inc:Alameda 

    [ Read More ]
    Senin, 19 September 2011

    Apa yang kita lakukan hari ini?

    Teman2...
    Bagaimana kalian menghabiskan waktu satu jam terakhir..?  Apa yang akan anda kerjakan pada jam berikutnya..?  Apakah di akhir hari ini anda dapat melihat kembali segalanya dengan puas – karena telah tercapai SESUATU ?

    Kata orang2..Pencapaian bukan sesuatu yang datang sendiri kepada kita. Pencapaian adalah sesuatu yang kita kerjakan dengan menit, jam dan hari yang kita luangkan.  Sekarang adalah waktunya untuk mengerjakan hal itu. ya kan???

    Buah kesuksesan adalah kekaguman, suka cita, dan kebanggaan. Namun usaha untuk menciptakan kesuksesan adalah lebih sering melalui hal yang membosankan.  Bosan, karena kita tidak bisa
    mengerjakan hal lain.   
    Seorang bintang lapangan yang sukses, contohnya saja Cristian Ronaldo.. telah menghabiskan tak terhitung waktu hanya untuk berlatih.
    Jam-jam itu dihabiskan di lapangan sepakbola, dan mengantar mereka menuju kemenangan dan sukses.  Ini berlaku di bidang apapun. Toh, setiap orang memiliki jumlah waktu yang sama setiap hari. Namun beberapa dari kita menggunakannya lebih efektif ketimbang orang lain.  

    NAH... Apa yang akan anda kerjakan dengan jam-jam anda hari ini?
    [ Read More ]
    Minggu, 18 September 2011

    Review Blankon 7.0


    Dengan dirilisnya BlankOn 7.0 Pattimura terbuktilah eksistensi distro lokal Indonesia yang dikembangkan oleh anak bangsa. 
    BlankOn contextual desktop ini secara default akan merubah tampilan wallpaper Anda pada saat pagi, siang, sore, dan malam serta dapat menyesuaikan cuaca di lingkungan tempat Anda tinggal. Misalnya jika kondisi lingkungan Anda sedang terjadi hujan, panas, mendung, atau cerah maka wallpaper akan menampakkan efek sesuai keadaan yang sedang terjadi.

    Penampakan Muka BlankOn 7.0 Pattimura pada tanggal 17 Agustus 2011
    BlankOn 7.0 Pattimura hadir dengan kernel 3.0.1-2 yang tentu saja telah mendukung banyak driver-driver baru terutama driver wireless yang pada versi 2.6.xx belum mendukung. Serta fitur pencarian yang lebih mudah. Anda tinggal mengetikkan nama aplikasi yang hendak Anda cari, akan muncul daftar aplikasi yang sesuai.

    Hadir dengan Kernel 3.0.1-2
    BlankOn panel adalah salah satu fitur BlankOn 7.0 Pattimura. Sebuah panel yang dibuat dan dikembangkan oleh tim pengembang BlankOn secara mandiri. Dan tentu saja fitur ini hanya ada di BlankOn. BlankOn  panel ini sangat ringan karena tidak memakan banyak sumber daya sistem komputer/laptop Anda.

    BlankOn panel yang ringan.
    Bagaimana? lebih cantik kan BlankOn pattimura!
    Merdekakanlah komputer/laptop Anda dengan produk anak bangsa. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Pahlawan-pahlawan opensource (baca : YPLI dan Tim Pengembang BlankOn dalam hal ini) telah berjuang tanpa mengenal lelah untuk membuat suatu distro lokal Indonesia yang mandiri tanpa bayaran.
    Demikian review dari saya, semoga bermanfaat. Jika Anda menemukan kesalahan dalam setiap posting saya, maka bebaskanlah diri Anda untuk menyampaikan pada saya melalui Tautan berikut INI.
    Berikut ini adalah fitur dan spesifikasi BlankOn 7.0 Pattimura :
    1. Kebutuhan RAM minimum: 256 MB
    2. Kebutuhan prosesor minimum: 500 MHz
    3. Arsitektur: i386/32 dan AMD64
    4. Desktop: GNOME yang ditambahkan Blankon Panel
    5. Kernel Linux: 3.0.1
    6. Internet:
      1. Peramban: Chromium 15.0
      2. Pesan Instan Daring: Pidgin 2.9.0
      3. Surel: Evolution
    7. Multimedia:
      1. Pemutar Musik: Exaile
      2. Pemutar Film: Totem
      3. Perekam Cakram: Brasero
      4. Penyunting Video: Pitivi
    8. Aksara Nusantara: SCIM untuk Bali, Bugis, Batak, Sunda, Rejang, Jawa.
    9. Desktop Berkonteks
    10. Kemudahan Akses: papan tik virtual onBoard
    11. Grafis:
      1. Gambar Vektor: Inkscape
      2. Editor Gambar: GIMP
      3. Album Foto: Shotwell
    12. Perkantoran:
      1. Libreoffice 3.3
    Selengkapnya dapat Anda baca di Catatan Rilis Pattimura.

    [ Read More ]