Kamis, 05 November 2009

Sekilas tentang para search engine

Setelah mengalami kekalahan dalam bersaing dengan Google, kini Yahoo! kembali harus menerima kekalahan dari situs social networking terbesar saat ini, Facebook. Facebook saat ini menduduki peringkat kedua dari seluruh situs di dunia, pada peringkat pertama tetap dipegang oleh Google. Dibawah Facebook, ada Yahoo! diperingkat ketiga.

Kenapa perusahaan besar Yahoo! bisa kalah oleh Google dan Facebook? Padahal Yahoo! sudah lama sekali menduduki peringkat pertama, dan pada tahun 2009 ini Yahoo! harus turun peringkat sampai dua kali! Kalau menurut penilaian saya pribadi, Yahoo! masih belum mau belajar dari kekalahannya. Maksudnya? Ya, misalkan kita mau mencari sesuatu di dunia maya, pasti Google lah yang ada di benak pikiran kita. Kenapa? Ada banyak macam faktor, misalnya Google lebih akurat, simpel, enteng, dan tidak terlalu banyak gambar/images. Selain itu homepage Yahoo! terlalu ramai, ada berita/news, shopping, autos, iklan, dan masih banyak lagi dan tentunya ini yang membuat Yahoo! semakin berat untuk diakses dan membuat pengunjung beralih ke situs yang lebih baik.

Setelah kalah berturut-turut, kini Yahoo! mencari jalan untuk mendapatkan pengunjungnya kembali. Yaitu dengan menyediakan fitur-fitur baru berupa View Your Facebook Activity from Yahoo! dan Check your Gmail messages from Yahoo!. Dua situs diatasnya bisa diakses melalui Yahoo!, melalui cara ini Yahoo! berharap agar pengunjungnya tetap dan bertambah kembali. Tapi kembali menurut penilaian pribadi saya, hanya sebagian kecil visitor yang menggunakan sepenuhnya fitur-fitur tadi, selebihnya hanya mencoba bagaimana rasanya fitur ini, atau malah tidak mencobanya sama sekali karena mereka lebih memilih Google dan Facebook.

Leave a Reply